Keluarga Pintar, Bijak Gunakan Antibiotik

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Antibiotik adalah kelompok obat yang digunakan untuk mengatasi dan mencegah infeksi bakteri

Keluarga Pintar, Bijak Gunakan Antibiotik

Penggunaan antibiotik yang benar dan bijak dapat mengurangi beban penyakit khususnya penyakit infeksi. Sebaliknya, penggunaan yang salah dan tidak sesuai indikasi dapat menyebabkan terjadinya resistensi antibiotik. Yuk, pelajari lebih jauh tentang penggunaan antibiotik yang benar.


Peraturan Menteri Kesehatan (PERMENKES) No.8 tahun 2015 menjelaskan tentang kewajiban penggunaan antibiotik secara bijak di rumah sakit. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko timbulnya kuman-kuman resisten di masa depan dalam rumah sakit.


Namun, hal ini tentunya harus dibarengi dengan penggunaan antibiotik bijak juga di masyarakat. Pemberian antibiotik di komunitas umum tidak boleh lagi dilakukan secara bebas, tetapi harus melalui anjuran dan atas resep dokter.


Antibiotik ditemukan oleh seorang dokter bernama Alexander Fleming. Antibiotik awal yang ditemukan adalah Penicillin yang diekstrak dari jamur Penicilium notatum. Zat ini ternyata memiliki kemampuan untuk membunuh kuman.


Penemuan ini kemudian terus berkembang hingga sekarang, dan saat ini sudah berbagai antibiotik dikembangkan manusia untuk menyembuhkan infeksi kuman.


Di satu sisi, antibiotik merupakan suatu zat yang bisa mendatangkan manfaat. Antibiotik mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman (bukan virus). Namun Center of Disease Control (CDC) di Amerika serikat sudah sejak lama menyatakan teori Tekanan Seleksi (Selective Pressure).


Teori ini menjelaskan bahwa pada saat seseorang mengonsumsi antibiotik, maka kemungkinan bakteri penyebab infeksi akan mati. Namun di saat yang sama juga meningkatkan risiko munculnya kuman resisten terhadap antibiotik (kemampuan bakteri untuk bertahan hidup dari efek serangan antibiotik, sehingga bakteri menjadi kebal terhadap pengobatan dan menimbulkan lebih banyak masalah) yang dikonsumsi tersebut.


Karenanya, penggunaan antibiotik harus selektif, artinya harus pada kasus-kasus yang memang telah dijustifikasi oleh dokter sebagai infeksi kuman. Antibiotik bukan obat demam, antibiotik juga bukan obat sakit kepala.


Jangan sampai antibiotik digunakan atau diasumsikan sebagai obat penurun demam, karena tidak semua demam disebabkan oleh infeksi bakteri. Demam dapat disebabkan oleh infeksi virus, parasit atau bahkan hal-hal lain seperti penyakit autoimun, kadang juga dapat terjadi pada orang stroke, dehidrasi, atau pada pasien-pasien dengan keganasan.


Sekali lagi, antibiotik tidak boleh diberikan pada kasus-kasus demam yang bukan dijustifikasi secara klinis disebabkan oleh infeksi kuman, karena justru hal ini akan memicu perluasan risiko terjadinya tekanan seleksi dan resistensi antibiotik akan semakin meluas.


Penggunaan antibiotik bijak adalah penggunaan antibiotik berdasarkan suatu kondisi yang disebabkan oleh kuman. Penggunaan antibiotik harus atas sebuah indikasi yang ditentukan oleh dokter.


Individu yang bukan berprofesi sebagai dokter tidak disarankan untuk menentukan penyakitnya sendiri, apalagi membeli antibiotik sendiri atas suatu praduga pribadi yang besar kemungkinannya dapat saja salah. Maka, ada baiknya konsumsi antibiotik harus sesuai anjuran dokter.


Ketika seorang pasien diberikan antibiotik, maka antibiotik disarankan untuk dihabiskan. Hal ini dimaksudkan agar antibiotik tidak disimpan di dalam rumah, apalagi kemudian diminum sendiri atas dasar praduga sendiri.


Kejadian-kejadian seperti demikian justru juga dapat memicu dan memperluas terjadinya resistensi antibiotik di komunitas umum.


Apabila ada riwayat kejadian alergi terhadap antibiotik, maka akan sangat baik apabila diingat alergi terhadap antibiotik jenis apa. Setiap individu dengan riwayat alergi antibiotik wajib menyampaikan kepada dokternya jenis antibiotik yang membuatnya alergi.


Hal ini dimaksudkan supaya kejadian alergi tersebut tidak terulang lagi, atau bahkan menimbulkan kejadian alergi yang lebih fatal di kemudian hari.


Tips Penggunaan Antibiotik Bijak

Setelah membaca pemaparan sebelumnya, tentu Anda menjadi semakin memahami mengapa penting menggunakan antibiotik secara bijak. Secara umum, berikut ini hal-hal yang dapat Anda terapkan ketika mendapat resep antibiotik dari dokter:


  1. Gunakan antibiotik berdasarkan peresepan dari dokter Anda, dan jangan memberi antibiotik tanpa resep dokter.
  2. Seandainya Anda mendapatkan antibiotik dari dokter Anda, maka berdiskusilah dengan dokter Anda mengenai infeksi kuman apa yang kemungkinan terjadi pada Anda. Biarkan dokter yang akan menjelaskannya.
  3. Habiskan antibiotik yang diberikan, konsumsilah sesuai aturan yang dijelaskan oleh dokter.
  4. Jangan menyimpan antibiotik, apalagi menggunakannya secara sembarangan berdasarkan justifikasi yang bersifat pribadi, berdasarkan sumber dari media sosial, atau sumber yang Anda baca sendiri. 
  5. Apabila Anda memiliki riwayat alergi terhadap antibiotik tertentu, maka ingat dan catatlah jenis antibiotik yang menyebabkan Anda mengalami reaksi alergi tersebut. Informasikan kepada dokter selanjutnya yang mungkin meresepkan Anda antibiotik di waktu lain. 


Antibiotik adalah obat untuk mengobati infeksi kuman, bukan obat demam, bukan obat untuk mengobati virus. Jadi gunakan antibiotik secara bijak, dan jangan ragu bertanya pada dokter Anda mengenai indikasi pemberian antibiotik yang diberikan kepada Anda.