Close
Close Language Selection
Health Articles

Jaga dan Perkuat Imun Tubuh Anda di Masa Pancaroba

Kamis, 15 Okt 2020
Jaga dan Perkuat Imun Tubuh Anda di Masa Pancaroba

Masa pancaroba sering menjadi momok, karena kerapkali banyak penyakit yang muncul karena perubahan suhu udara yang sering kali ekstrem. Terkadang cuaca sangat panas tiba-tiba menjadi turun hujan. Apabila fisik Anda tidak prima, keadaan ini dapat menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit. Ditambah lagi di masa pandemi saat ini, imunitas kita harus benar-benar terjaga. 

Masa pancaroba adalah masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya, yaitu peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Peralihan musim ini ditandai oleh suhu udara tidak menentu dan kelembapan udara yang cukup ekstrem. Jika kondisi kesehatan kita tidak optimal, kita bisa dengan mudah terserang penyakit seperti infeksi virus, bakteri, maupun jamur. Untuk itu, meningkatkan imun tubuh menjadi penting dilakukan, dan berikut langkah-langkah yang dapat dijalani demi mencapainya:   

Minum air putih yang cukup 
Mengonsumsi air putih sangat penting agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Apabila organ tubuh menjalankan fungsinya dengan optimal maka tubuh akan menjadi lebih sehat.  

Dengan air putih yang cukup ini tubuh akan terhidrasi dengan baik sehingga kadar cairan tubuh yang seimbang ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Air putih juga dapat membantu proses metabolisme tubuh sehingga pencernaan menjadi sehat. 

Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board kebutuhan hidrasi/air putih pada wanita adalah 2,7 liter per hari. Sementara, pria membutuhkan 3,7 liter air putih per hari untuk mencapai asupan air putih yang ideal. Minum air putih 1-2 gelas setiap bangun tidur juga penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika kita terlelap tidur semalaman. 

Sebelum tidur malam juga sebaiknya minum air putih secukupnya untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun jangan berlebihan mengonsumsinya,  karena justru akan membuat Anda terbangun ketika dini hari karena rasa ingin buang air kecil yang tidak tertahankan. Minum air putih juga sebaiknya dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berolahraga. 

Meminum air putih sebaiknya secukupnya, mengonsumsi air putih berlebihan tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan keracunan air yang menyebabkan hiponatremia atau kekurangan garam dalam tubuh. Pada efek yang memburuk dapat menyebabkan sakit kepala, kram otot, bahkan dapat menyebabkan kejang, dan berujung pada kematian. Jadi yang paling baik adalah minum air putih secukupnya, tidak kurang dan juga tidak berlebihan.

Istirahat/tidur yang cukup 
Menurut Dr. Lawrence J. Epstein, Direktur Medis dari Sleep Health Centers yang berafiliasi dengan Harvard University, Amerika, tidur yang cukup sama pentingnya dengan pola hidup sehat lainnya seperti diet dan olahraga. Semua orang perlu tidur cukup setiap hari. Apabila Anda mengalami kurang tidur atau kualitas tidur kurang baik karena banyak beban pikiran, dapat menyebabkan turunnya daya tahan tubuh Anda, tubuh pun menjadi tidak fit. Maka itu, apabila utang tidur Anda sudah telanjur menumpuk, maka sebaiknya segera dilunasi.

Jadi jika Anda melewatkan 10 jam tidur selama seminggu, tambahkan 3-4 jam tidur pada akhir pekan dan 1-2 jam ekstra per malam pada minggu berikutnya sampai utang tidur Anda lunas. Utang tidur jangka panjang membutuhkan beberapa minggu untuk melunasinya. Epstein menyarankan untuk cuti dari kantor dan mematikan alarm yang biasa membangunkan Anda. Biarkan tubuh bangun di pagi hari secara alami. Pada awalnya, Anda akan tidur 12 jam atau lebih, hingga akhirnya tubuh beradaptasi kembali untuk bangun tidur secara normal.

Pola hidup sehat 
Menjalani gaya hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan sehat dapat meningkatkan daya imun tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat dapat mengusir berbagai macam virus, bakteri, dan jamur sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu, gaya hidup sehat juga dapat meningkatkan kadar hormon-hormon yang baik bagi tubuh seperti hormon estrogen dan endorfin untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Berikut ini beberapa cara menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh, yaitu: 
•    Istirahat yang cukup, minimal waktu tidur malam 6-7 jam dalam sehari
•    Hindari stres atau kelola stres dengan baik
•    Makan makanan sehat, terutama perbanyak sayur dan buah yang mengandung vitamin B, vitamin C, zinc, dan vitamin D 
•    Rutin berolahraga, olahraga paling mudah adalah berjalan cepat selama 30 menit
•    Hindari rokok dan minuman alkohol

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh di masa pancaroba bukanlah hal yang sulit. Dengan selalu menjaga pola hidup sehat semoga kita semua dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. 

dr. I Made Tirta Saputra

Dokter Umum
RS Pondok Indah - Pondok Indah

HEALTHY CORNER More Health Articles


Health Articles Jumat, 22 Jun 2018

Kista Ovarium: Waspadai Nyeri Saat Haid

Read More
Health Articles Selasa, 25 Okt 2016

Fakta Gaya Hidup & Kanker Payudara

Read More
Health Articles Kamis, 25 Nov 2021

Bebas Saraf Terjepit

Read More
Health Articles Selasa, 29 Jan 2019

Fibrilasi Atrium dan Risiko Stroke

Read More
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor