Imunisasi: Investasi Kesehatan Jangka Panjang

Rabu, 06 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Istilah imunisasi tentulah tidak asing lagi. Sayang masih banyak kesalahpahaman terhadap usaha pencegahan penyakit yang primer ini

Imunisasi: Investasi Kesehatan Jangka Panjang

Dalam dunia kesehatan, dikenal tiga tingkatan usaha pencegahan penyakit. Primer (mencegah penyakit terjadi, Sekunder (mencegah penyakit menjadi lebih berat), serta Tersier (mencegah terjadinya komplikasi atau efek jangka panjang). Primer merupakan tindakan terbaik, dan imunisasi termasuk di dalamnya.


Berdasarkan data, efektivitas imunisasi terhadap pencegahan penyakit sangat besar. Efek dari berbagai penyakit dapat ditekan karena dilakukannya imunisasi. Bahkan, imunisasi dapat mengeradikasi suatu penyakit, seperti cacar yang ditetapkan WHO sebagai penyakit yang berhasil dimusnahkan.


Kesadaran imunisasi yang tinggi di masyarakat dapat meningkatkan jumlah penyakit yang tereradikasi. Terlebih, saat ini sudah terdapat begitu banyak jenis imunisasi. Mulai dari difteri, pertusis, tetanus, cacar air, campak, bahkan sampai human papilloma virus (HPV) dan tifus.


Wajib Imunisasi

Selama ini, berkembang pemahaman bahwa imunisasi yang wajib hanya yang masuk dalam Program Pengembangan Imunisasi (PPI) atau Program Imunisasi Nasional. Padahal, berbagai imunisasi yang tidak/belum masuk dalam program pemerintah tersebut juga penting untuk dilakukan.


Imunisasi pneumococcal/pneumokokus (PCV) misalnya.


Imunisasi ini memberi perlindungan dari penyakit radang paru (pneumonia), yang merupakan penyebab kematian balita nomor satu di Indonesia. Lalu, imunisasi rotavirus yang mencegah infeksi rotavirus (penyebab diare tersering pada balita). Sementara, diare merupakan penyebab kematian balita nomor dua di Indonesia. Keduanya tidak/belum masuk dalam program pemerintah.


Beda Usia, bBda Imunisasi

Baik bagi anak-anak maupun orang dewasa, imunisasi memiliki jadwal tertentu. Pada anak, misalnya, imunisasi sudah dapat diberikan sejak hari pertama kehadirannya di dunia. Yang perlu diperhatikan, ada imunisasi yang memiliki booster, seperti difteri, pertusis, dan tetanus (DPT) Pertama diberikan pada balita usia 2, 3, dan 4 bulan, booster DPT lalu diberikan pada usia 18 bulan, 5 tahun, 10 tahun, 18 tahun, dan seterusnya setiap 10 tahun.


Bagi orangtua, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui mengenai imunisasi.

  1. Jadwal. Imunisasi paling optimal jika diberikan sesuai jadwal yang direkomendasikan.
  2. Pelajari kegunaan dari imunisasi yang akan diberikan, sehingga paham bahwa imunisasi yang diberikan merupakan hal penting
  3. Mempelajari indikasi-kontra indikasi dari suatu imunisasi. Jika anak mengalami sakit padahal sudah waktunya imunisasi, konsultasikan pada dokter karena mungkin saja penyakit yang diderita bukanlah kontra indikasi dari imunisasi yang akan diberikan.
  4. Tanyakan pada dokter mengenai ada-tidaknya efek samping serta penanganan dari efek samping tersebut kepada dokter. Beberapa jenis imunisasi memiliki efek samping seperti demam atau bengkak di area penyuntikan


Terkait dengan jadwal imunisasi, ada beberapa hal yang dilakukan jika suatu imunisasi terlewat dari jadwal yang direkomendasikan. Konsultasikan pada dokter spesialis anak mengenai opsi yang dipilih.


  1. Tetap diberikan dengan memperhitungkan interval minimal imunisasi tersebut
  2. Tetap diberikan dengan mengurangi frekuensi
  3. Tidak perlu diberikan karena sudah melewati usia tertentu


Aplikasi imunisasi

Hadirnya berbagai aplikasi mengenai imunisasi sangat membantu orangtua, karena ada begitu banyak jenis imunisasi terutama pada anak di bawah usia dua tahun. Selain mengingatkan jadwal, aplikasi seperti ini juga biasanya memberi informasi mengenai jenis imunisasi yang akan dilakukan.


Walau begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi orangtua sebelum mengunduh suatu aplikasi.


  1. User-friendly, sehingga orangtua mudah memahami jenis serta fungsi dari imunisasi yang akan diberikan
  2. Terdapat fitur reminder, sehingga jadwal imunisasi tidak terlewat
  3. Disesuaikan dengan jadwal imunisasi di Indonesia. Setiap negara memiliki jadwal imunisasi yang disesuaikan dengan kondisi masing- masing.