Hati-hati, Kaki Terkilir Jangan Langsung Dibawa ke Tukang Urut, Ya!

Jumat, 01 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Kaki terkilir atau keseleo merupakan salah satu cedera kaki yang umum terjadi

Hati-hati, Kaki Terkilir Jangan Langsung Dibawa ke Tukang Urut, Ya!

Umumnya, terkilir atau keseleo terjadi pada saat Anda melakukan aktivitas olahraga, namun dapat juga terjadi saat melakukan aktivitas sehari-hari, seperti saat Anda berjalan di permukaan yang tidak rata, menuruni tangga, atau terantuk benda tertentu.


Penyebab terkilir adalah cedera pada ligamen, jaringan yang menghubungkan dua atau lebih tulang pada sendi. Biasanya, cedera tersebut diakibatkan oleh ligamen yang terpelintir dan robek. 


Terkilir paling sering terjadi di bagian kaki, seperti pada jari kaki, pergelangan kaki, atau lutut. Kendatipun, bagian tubuh lain seperti siku, tangan, dan leher dapat pula mengalami terkilir.


Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri otot, bengkak, memar, dan menurunkan kemampuan bergerak. Terkilir dapat dialami oleh siapapun dan kapanpun. Namun, tidak perlu panik, dengan melakukan hal yang sederhana, sebenarnya cedera karena terkilir dapat Anda tangani sendiri.


Pertolongan Pertama

Apabila kaki Anda terkilir, pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan RICE:


R: Rest

Segera mengistirahatkan kaki yang terkilir.


I: Ice

Beri kompres air dingin pergelangan kaki sesegera mungkin untuk menghindari cedera dan mengurangi rasa nyeri atau pembengkakan. Lakukan pengompresan selama 20 sampai 30 menit, 3-4 kali sehari untuk 48 jam pertama atau sampai kaki Anda tidak bengkak.


C: Compression

Balut area luka atau nyeri dengan perban elastis untuk membantu mengurangi pembengkakan. Jangan membalut terlalu kencang, karena hal ini dapat menyebabkan lebih banyak pembengkakan di area yang cedera. 


E: Elevate

Usahakan posisikan pergelangan kaki lebih tinggi dari tubuh Anda, atau setidaknya sejajar dengan dada Anda. 


Ingat, pada saat terkilir, tidak dianjurkan untuk menanganinya pertama kali dengan cara diurut atau dipijat, karena berisiko memperparah cedera. Nah, apabila kondisi kaki Anda tidak membaik setelah beberapa hari atau menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan, segera periksakan ke dokter spesialis bedah ortopedi.


Namun, apabila kondisi kaki Anda mulai membaik, Anda dapat melakukan beberapa latihan pemulihan untuk mencegah kekakuan dan meningkatkan kekuatan seperti sediakala. 


Cegah Kaki Terkilir

Untuk mencegah kaki terkilir ketika berolahraga, jangan sampai lupa melakukan peregangan yang tepat sebelum berolahraga. Peregangan membuat otot kuat dan lentur dan juga membantu peredaran darah lebih lancar.


Regangkan pergelangan kaki secara perlahan dengan menggerakkannya ke segala arah setidaknya tiga kali setiap hari. Lalu tekuk kaki ke depan, ke belakang, atau putar searah jarum jam, kemudian putar berlawanan searah jarum jam.


Biasakan berolahraga dengan form yang tepat. Apabila Anda merasa ada ketidaknyamanan ketika melakukan gerakan tertentu, segeralah berhenti untuk mencegah cedera.