Close
Close Language Selection
Health Articles

Flu Tulang, Apa dan Bagaimana Mengatasinya?

Rabu, 29 Sep 2021
Flu Tulang, Apa dan Bagaimana Mengatasinya?

Pernah dengar istilah flu tulang? Apakah ini akibat virus influenza yang menyerang tulang, atau bagaimana ya sebetulnya? Yuk, cari tahu soal flu tulang di artikel berikut.

Flu tulang adalah istilah non-medis yang digunakan untuk menggambarkan penyakit dengan gejala demam dan nyeri persendian yang semakin parah. Flu tulang dapat disebabkan oleh semakin parahnya beberapa macam penyakit, yang ditandai dengan rasa nyeri semakin hebat pada bagian sendi.

Flu tulang dapat terjadi pada:

  • Influenza yang disebabkan oleh virus parvovirus B19. Flu ini biasanya didapati pada masa pancaroba. Selain gejala flu biasa, pasien biasanya mengalami ruam merah di sekitar wajah dan menyebar ke sekitarnya, disertai nyeri sendi (pada orang dewasa).
  • Chikungunya. Infeksi virus yang ditandai dengan demam dan nyeri sendi secara mendadak yang berasal dari virus togaviridae alphavirus.
  • Demam berdarah. Infeksi yang mirip dengan chikungnya tetapi berasal dari virus yang berbeda, yaitu flaviviridae flavivirus. Biasanya demam berdarah menjadi lebih berbahaya dari chikungunya, tetapi nyeri sendi yang dialami pasien penderita chikungunya bisa bertahan lebih lama.
  • Penyakit lainnya yang mempunyai gejala nyeri pada persendian

Jadi, flu tulang bukanlah suatu jenis penyakit tertentu, melainkan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekumpulan gejala penyakit.

Cara mengatasi flu tulang
Tidak ada cara khusus yang disarankan secara medis untuk mengatasi flu tulang, karena umumnya penyakit-penyakit yang menyebabkan ngilu pada tulang bersifat self-limiting disease (dapat sembuh dengan sendirinya). Hal terpenting adalah mengobati penyakit dasar atau penyebabnya, serta pemberian obat pereda nyeri (pain killer). Pasien dianjurkan untuk:

  • Banyak beristirahat
  • Mengonsumsi air minum yang cukup agar tidak dehidrasi
  • Mengonsumsi obat-obatan jenis anti inflamasi nonsteroid (OAINS) untuk meredakan nyeri (pastikan pasien memang bukan menderita demam dengue), serta konsumsi parasetamol untuk pereda demam dan nyeri ringan
  • Pada nyeri ringan dapat diberikan asetaminofen atau parasetamol yang sering digunakan untuk menurunkan demam serta meredakan nyeri akibat peradangan atau infeksi yang ringan hingga sedang. Sebaiknya, dosis diberikan sesuai berat badan pasien. Selain itu golongan aspirin, atau ibuprofen juga dapat digunakan.
  • Pada kasus nyeri sedang dapat diberikan obat pereda nyeri seperti opioid ringan. Sementara pada kasus nyeri berat dapat diberikan golongan opioid lebih kuat.

Apabila Anda mengalami demam dan nyeri persendian yang semakin memburuk, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan jenis penanganan dan obat yang harus dikonsumsi. Dokter akan mengevaluasi dan menyesuaikan jenis obat apa yang Anda butuhkan sesuai dengan keluhan dan derajat nyeri yang Anda rasakan, dengan mempertimbangkan berbagai efek samping yang mungkin dapat Anda alami selama mengonsumsinya.

Flu tulang adalah pertanda penyakit yang sedang Anda derita sudah semakin parah. Oleh karena itu, upayakan untuk menangani terlebih dahulu penyakit yang Anda alami, sehingga keluhan flu tulang akan membaik dengan sendirinya. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter agar penyembuhan keseluruhan penyakit dilakukan dengan tepat.

dr. Hadianti Adlani, Sp.PD-KPTI

Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Tropik & Infeksi
RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

HEALTHY CORNER More Health Articles


Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor