Deteksi Dini Skoliosis

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Dalam rangka Scoliosis Awareness Month yang diperingati setiap bulan Juni, RS Pondok Indah - Pondok Indah melakukan kegiatan Scoliosis Screening di SMP Bakti Mulya 400 dan SMP Seruni Don Bosco Pondok Indah

Deteksi Dini Skoliosis

Dalam rangka Scoliosis Awareness Month yang diperingati setiap bulan Juni, RS Pondok Indah - Pondok Indah melakukan kegiatan Scoliosis Screening di SMP Bakti Mulya 400 dan SMP Seruni Don Bosco Pondok Indah.

Kegiatan yang diselenggarakan pada 4 Juni 2018 ini merupakan wujud kepedulian dan komitmen RS Pondok Indah Group terhadap kesehatan generasi penerus bangsa. Pada kegiatan ini, para dokter melakukan pemeriksaan fisik pada bahu, tulang belakang, tulang rusuk, dan pinggul kepada lebih dari 150 siswa untuk melihat apakah ada kelainan pada salah satu bagian tubuh tersebut.

#####

Skoliosis sebenarnya sudah dapat dideteksi pada anak-anak sebelum masa pubertas di usia 10 – 18 tahun. Laki-laki maupun perempuan memiliki risiko yang sama terhadap penyakit ini. Tetapi, perempuan lebih rentan untuk mengalami perburukan kondisi atau progresivitas. Jika derajat kelengkungan tulang belakang sudah sangat parah, fungsi organ-organ penting seperti jantung dan paru-paru dapat terganggu. Maka itu, skrining atau deteksi dini perlu dilakukan agar kondisi kesehatan dan tumbuh kembang anak terpantau dengan baik.