Close
Close Language Selection
Health Articles

Cantik dan Prima dengan Nutrisi Tepat

Jumat, 22 Mei 2015
Cantik dan Prima dengan Nutrisi Tepat

Cantik untuk seorang wanita merupakan kata keramat yang tidak bisa ditawar lagi. Namun kecantikan ini tidak akan terwujud jika tidak diiringi kesehatan yang prima. Untuk mendapatkan keduanya, harus didukung dengan nutrisi yang tepat, karena apa yang Anda konsumsi akan membuat perubahan yang besar pada penampilan dan perasaan Anda.

Nutrisi yang tepat akan memberikan energi untuk melalui hari-hari sibuk, menyeimbangkan perasaan dan emosi. Mempertahankan berat badan dan membuat Anda selalu tampil prima baik secara fisik maupun emosi sehingga tampak cantik dan sehat.Nutrisi yang tepat dikenal sebagai nutrisi yang lengkap dan seimbang. Lengkap artinya mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seimbang artinya jumlah harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh (tidak berlebih ataupun kekurangan). Berikut adalah zat-zat gizi yang dimaksud.

Karbohidrat
Banyak wanita berpikir menghilangkan karbohidrat dalam menu makanan mereka. Hal ini merupakan satu kesalahan karena karbohidrat mutlak diperlukan oleh tubuh minimal 100 gram/hari yang setara dengan 250-300 gram nasi. Karbohidrat yang dianjurkan adalah jenis kompleks yang kaya akan serat sehingga membuat rasa kenyang lebih lama dan membantu mempertahankan berat badan, seperti beras, sereal, ubi, singkong, kentang, pasta, dan roti gandum.

Protein
Asupan protein hewani yang berlebihan akan menyebabkan kehilangan kalsium yang cukup banyak. Kondisi ini tidak baik bagi wanita karena mempercepat kehilangan massa tulang sehingga mempercepat terjadinya osteoporosis. Sumber protein hewani antara lain ikan, daging, telur, udang, dan daging unggas. Sedangkan sumber protein nabati, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan kedelai.

Lemak
Banyak wanita menganggap lemak sebagai zat gizi yang tidak baik untuk kesehatan. Faktanya, lemak sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi, bagian pokok dari membran sel, bahan pembentuk hormon, menjaga rambut tidak mudah rontok, kuku, dan kulit tidak kering, sehingga tidak tampak kusam. Lemak juga penting untuk perkembangan sel otak dan saraf pada bayi serta sangat diperlukan dalam penyerapan vitamin A,D,E,K. Namun, komposisi lemak yang seimbang sangat penting diperhatikan.

Vitamin dan mineral
Dari berbagai penelitian, dikatakan bahwa wanita mempunyai risiko terkena osteoporosis lebih tinggi daripada pria. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi diet kaya kalsium (banyak pada produk susu, sayuran hijau, ikan teri), magnesium (sayuran hijau, labu, wijen, flaxseed), vitamin D (cahaya sinar matahari, minyak ikan cod, telur, ikan, susu) serta olahraga yang teratur. Selain itu, wanita juga akan kehilangan zat besi pada saat menstruasi. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan zat besi melalui daging merah tak berlemak, daging unggas, bayam, atau almond.

Serat
Diperlukan untuk menjaga kesehatan saluran cerna, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, mencegah sembelit, dan membantu mempertahankan berat badan. Dianjurkan mengonsumsi sebanyak 19-30 gram/hari atau 5-6 porsi sayur dan buah. Serat banyak dijumpai dalam sayur-sayuran dan buah-buahan.

Air
Berfungsi sebagai pembawa zat yang diperlukan oleh tubuh, pelarut mineral, vitamin, asam amino, membersihkan jaringan tubuh dan darah dari zat sisa yang tidak diperlukan, pelumas sendi, membantu mempertahankan suhu tubuh, dan menjaga kelembaban kulit. Konsumsi air dianjurkan sebanyak minimal 8 gelas/hari.

dr. Ida Gunawan, MS, Sp.GK(K), FINEM

Spesialis Gizi Klinik Konsultan Nutrisi pada Kelainan Metabolisme Gizi
RS Pondok Indah - Puri Indah

HEALTHY CORNER More Health Articles


Health Articles Rabu, 29 Sep 2021

Flu Tulang, Apa dan Bagaimana Mengatasinya?

Read More
Health Articles Selasa, 06 Mar 2018

Mengenal Lebih Dalam Demensia

Read More
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor