ASK OUR   DOCTOR

Q

Penyakit Kutil Atau Hanya Sumbatan Di Kelenjar Sekitar Kelamin

Andik,Jakarta Barat
Mau tanya dok, saya laki-laki usia 25 tahun, di buah zakar saya kok ada benjolan-benjolan kecil yang sebesar biji jeruk sedangkan yang paling besar sebesar biji jagung, agak kenyal kalau dipencet tidak sakit namun terkadang terasa gatal tp tidak sering. Benjolan-bejolan ini hanya berada di sebelah kanan kulit luar buah zakar dan tidak menyebar cepat karena ini sudah sekitar 3 tahun. Selama ini tidak menumbulkan masalah dok, cuman agak kepikiran aja karena banyaknya penyakit kelamin yang beraneka ragam. Yang saya tanyakan, apa ini penyakit kutil atau hanya sumbatan di kelenjar sekitar kelamin? atau mungkin penyakit lain? apa akibat dan apa yang harus saya lakukan?

A

 Ada 2 penyakit yang sering memberikan gambaran berupa benjolan pada kulit buah zakar/scrotum, yaitu: kutil kelamin dan skabies.

Kutil kelamin disebabkan virus Human Papilloma yang umumnya ditularkan melalui kontak/ hubungan seksual. Bentuk penyakitnya adalah benjolan-benjolan kecil yang permukaan agak kasar, dapat menyebar (cepat tidaknya sangat dipengaruhi daya tahan tubuh).

Skabies merupakan penyakit yang disebabkan gigitan kutu Sarcoptes Scabiei. Jika terjadi pada daerah kelamin, seringkali disebabkan kontak seksual. Namun biasanya penyebaran terjadi agak cepat, dan sangat gatal pada malam hari. Penyebaran dapat terjadi ke daerah bokong, pusar, lipat ketiak, sela-sela jari dan pergelangan tangan.

Penyakit lain yang juga mungkin terdapat di buah zakar dengan bentuk benjolan kecil adalah Calcinosis Scrotalis. Bentuk kelainan berupa benjolan kecil-kecil berbagai ukuran, warna putih agak kekuningan. Tidak ada gejala subyektif yang spesifik. Penyebabnya dioerkirakan endapan kalsium. Penyakit ini jarang ditemukan.

Mengenai lokasi yang hanya tedapat di sisi kanan saja, mungkin hal ini merupakan suatu kebetulan saja. Penyakit kulit yang distribusinya hanya pada salah sisi tubuh adalah penyakit Herpes Zoster/cacar ular, tapi tidak pernah bertahan sampai 3 tahun tidak hilang-hilang, serta bentuknya adalah bintil-bintil berisi air.

Dr. Susie Rendra SpKK, Spesialis Kulit dan Kelamin RSPI-Puri Indah dan RSPI-Pondok Indah

 
Artikel  Lainnya