ASK OUR   DOCTOR

Q

Apakah Bahaya Benjolan Yang Tumbuh Di Badan Kita? Bagaimana Cara Mengatasi?

Feny Rahmawati,,Jakarta Barat
Dok, di leher kanan saya ada benjolan tapi kecil dan bisa digerakan, ketika saya pegang benjolan itu bisa bergeser di bawah lapisan kulit. Selama ini saya tidak merasakan sakit apapun tapi kalau kecapean dan dan badan tidak bagus kondisinya leher kanan sakit. Benjolan dan sekitarnya bila ditekan agak sakit, yang kedua di ketiak kanan saya juga ada benjolan sekecil kacang dan tidak sakit jika ditekan dan saya juga tidak mengalami sakit apapun didaerah itu. Mohon penjelasanya bapak, apakah kedua benjolan itu berbahaya atau tidak dan apa yang harus saya lakukan.

A

Asal timbulnya benjolan di tubuh tergantung pada bagian tubuh mana letak benjolan tersebut. Tetapi umumnya berhubungan dengan salah satu struktur yang ada di daerah tersebut. Jadi secara teoritis dapat berasal dari kulit,rambut,kelenjar keringat, kelenjar getah bening, lemak, pembuluh darah, otot dsb. Tetapi benjolan yang terdapat di leher atau ketiak umumnya berasal dari kelenjar getah bening.

Pembesaran kelenjar getah bening dapat disebabkan berbagai hal,tetapi paling banyak disebabkan peradangan/infeksi,yaitu masuknya kuman ke tubuh. Sebagai contoh , bila ada infeksi gigi dapat terjadi pembesaran kelenjar getah bening di leher atau bila ada luka/ infeksi di lengan akan timbul pembesaran kelenjar getah bening di ketiak.

Umumnya infeksi ini tidak terlalu berbahaya dan dengan pemberian antibiotik yang baik proses penyembuhannya lebih cepat. Ada jenis infeksi yang agak sulit diobati yaitu infeksi akibat kuman Tuberkulosis , karena diperlukan kombinasi beberapa antibiotik dan jangka waktu pengobatannya cukup lama (dapat sampai 1 tahun). Di samping infeksi dapat juga akibat proses alergi dan yang lebih jarang tetapi perlu penanganan serius yaitu akibat kanker(tumor ganas ) yang dapat berasal dari kelenjar getah bening itu sendiri atau menyebar dari tempat lain.

Jadi yang penting dalam menghadapi benjolan di leher atau ketiak adalah mendeteksi apakah ada kemungkinan akibat kanker atau bukan. Bila tergolong infeksi umumnya bukan merupakan hal berbahaya. Langkah yang dapat diambil adalah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Dr. Sonar Sonny Panigoro, Sp.B. Onk, Spesialis Onkologi RSPI-Pondok Indah

 

Artikel  Lainnya